Lagi, Badai Salju Lumpuhkan Amerika

Thursday, February 11, 2010
WASHINGTON,KOMPAS.com - Ancaman badai salju bakal berlanjut benar-benar terbukti. Kemarin, badai salju dan es kembali melumpuhkan bagian timur laut Amerika Serikat, mengakibatkan aktivitas masyarakat di beberapa kota seperti Washington, New York dan Boston mati total.

Wali Kota New York, Michael Bloomberg memerintahkan sekolah-sekolah ditutup saat badai melanda. Kantor pusat PBB juga tutup, demikian juga pelayanan pemerintah federal.

Penduduk yang baru saja menggali timbunan salju dari sekeliling rumahnya benar-benar dibuat tak berkutik. Dinginnya salju dan angin angin Arktik yang berhembus dengan kecepatan 88 kilometer per jam membuat mereka hanya bisa menunggu.

"Saya mendorong semua warga mengindahkan peringatan pejabat lokal dan memprioritaskan keselamatan dengan menghindari jalan kecuali jika benar-benar diperlukan," ujar Janet Napolitano, kepala keamanan setempat.

Satu orang telah tewas dan lainnya terluka dalam sebuah timbunan di Pennsylvania. Para warga dimbau tetap berada di dalam rumah dan tidak mengemudikan kendaraannya. "Anda akan mengalami risiko besar jika keluar. Anda bisa terjebak di jalan raya atau jalan mana pun," kata Gubernur Pennsylvania Ed Rendell memperingatkan.

Semua penerbangan dari bandara Washington telah dihentikan, sementara perusahaan penerbangan yang beroperasi dari New Jersey, Philadelphia, Baltimore dan Chicago melaporkan telah melakukan pembatalan dan penundaan penerbangan.

0 komentar:

Post a Comment