Facebook buat orang jadi lebih....

Tuesday, February 9, 2010
Gua buat thread ini soalnya gw baca banyak yg negatif sama facebook. Ada yg bilang bahkan kalo semua pengguna facebook adalah alay. Gw lupa sih siapa tapi ada bbrp yg bilang gitu.

Awal-awal gw pake facebook karena facebook cukup berguna untuk mengetahui perkembangan kegiatan teman terutama yang sudah jauh (terpisah karena sudah lulus sekolah dan kuliah), gw jadi tau temen yang sudah married, lihat foto pernikahan mereka, terus tahu pekerjaan teman lama sekarang menjadi apa dan tentunya kabar mereka. Sisanya facebook gw pake untuk review film, album lagu, atau bintang film yg lagi diidolain secara pribadi. Kalo gw ngewall utk hal2 yang cukup penting dan berguna, misalnya "hati2 daerah sana ada kebakaran bakalan macet total" atau biasa dipake juga buat jual beli barang. Sejujurnya gw lebih suka twitter daripada fb karena twitter lebih ke berita yg berguna, sayang penggunanya kalah jauh ketimbang facebook.

Oke, ternyata FB cukup berguna dan menyenangkan untuk gw. Sayangnya ada beberapa orang (termasuk temen deket gw sendiri) yang buat FB jadi menyebalkan. Ini beberapa dari banyak hal yang buat facebook jadi "tidak nyaman"

- Beberapa temen gw yang sok kegantengan hobi masukkin foto2 narsis-nya. Mungkin ga terlalu masalah toh cuma foto, yg jadi masalahnya itu fotonya yang agak lebay dengan pose2 sok kegantengan atau bisa dibilang genit padahal dia cowo. Kalo cw mending walau tetep gw ga terlalu suka pose2 kecentilan. Temen gw yg suka fitness malah ngomong gini ke temennya, "nanti kita masukkin foto after fitness" (berarti mereka mau telanjang dada buat nunjukkin sixpack-nya). Dan terbukti temen gw itu beberapa kali pasang foto dalam keadaan telanjang dada. Seorang temen nanya buat mancing "itu badan fitness ya?" dia jawab,"iya, keren kan?" Jujur aja gw jadi males temenan ama nih orang....

- Oke, yang di atas masi mending. Salah seorang teman di FB gue (ga kenal2 amat sih), dengan sok kerennya bilang begini "Wah, bulan ini penghasilan gua lebih dari 40 juta rupiah, MANTAPPPP!" Parahnya lagi ngewall itu sampe 3x jelas2 pamer kekayaan. Kayanya kelewatan kalo sampe ngasi tau penghasilan per bulan dengan gamblang di FB buat semua orang baca. SOMBONG. Langsung gw hapus dari daftar friends.

Sisanya kebanyakan adalah tulisan tidak penting dan bisa dibilang alay seperti:

- Aduh, kepengen boker nih! (kalo kepengen ngapain sempet2nya nulis status, keluarin dulu sonoh keburu mencret ntar)
- Lagi FB-an (parah nih, udah jelas2 lagi fb-an soalnya bisa nulis di wall)
- @home (udah tau kalo jam segitu orang kebanyakan udah pulang kerja dari beraktivitas, ga usah tiap hari kali diupdate)
- Aduh, gempa jadi goyang susah update status (kalo ini anggap aja ngelawak walau ga penting)
- Makan supermie, kenyang... (makan ginian aja musti ditulis, kalo makan di restoran mending jadi gw bisa nyusul minta ditraktir)
- hujan... (ga penting, ga ada lokasinya, toh di gw cerah)
- baru bangun.. (keliatan bangun siang tanda pengangguran)
- di salon menunggu potong rambut (cowo yg nulis metrosexual-nya keliatan, biasanya setelah potong langsung posting foto model rambut baru). Di wall "Model rambut baru" plus foto sambil nyengir atau gaya cool sok keren.
- Posting foto dan secara manual ditulis infonya: Powered By Iphone 3GS, Powered By Blackberry Onyx, dll (maksudnya biar ketauan sama temen pake barang mahal dan ngetrend)

- Dan biasanya juga sering terjadi pertengkaran di FB karena orang kadang suka bawa2 masalah pribadi dan sebenernya privacy ke wall facebook.
Contohnya adalah temen gw cw yang lagi ribut ama pacarnya nulis di wall kalo dia kesel ama cowonya dan bilang dibentak2. Akhirnya beberapa "serangga jantan" penganggu nulis di wall tuh cw (kemungkinan besar naksir juga ama itu cw). Salah seorang cowo yang alay bilang kalo cowonya si cw payah, ga gentle dan mendingan diputusin aja dan setelah itu seperti yang gw duga cowonya baca dan ngajak ribut di FB minta ketemuan ama cowo alay itu. Itu cowo malah muji2 si cewe dan ngejelek2in cowonya. Gw jadi geram ngeliat kelakuan cowo itu yang mau ngancurin hubungan orang dengan cara kotor kaya gitu. Persaingan tidak sehat nih. Karena itu nulis masalah di fb dan expose masalah di wall bukannya bikin reda malah jadi makin kacau. Lebih baik curhat aja ke temen deket daripada ratusan orang tau masalah pribadi kita karena belum tentu ratusan atau bahkan ribuan orang itu berniat baik.
Beberapa bahkan suka marah2 ga jelas di fb. Misal: a**ing, maksud loe apa ikut campur urusan orang, bre**s*k. Tapi ga tau orangnya siapa cuma tetep aja ga enak baca kata2 kebun binatang di fb. Bikin mood jadi turun walau bukan gw yang dikatain.

Mungkin ini yang bikin orang muak sama FB. Apa ada yang bikin kalian muak sama FB? dishare donk. Punya saran ga biar orang2 seperti di atas itu sadar dan ga nulis yang kaga2 di FB. Soalnya gw sendiri jadi males fb-an karena oknum2 seperti di atas. Sisi positifnya kita jadi tau orang seperti apa sebenarnya teman kita itu, yang sudah tau juga makin sadar kalo temennya lebih parah dari yang dia kira. Kalo dilihat sisi positif anggap saja hiburan walau nyebelin emang. "Gw sih cuek2 aja selama dia ga nyenggol gue cuma ga ada salahnya bikin fb lebih menyenangkan dan berguna"

0 komentar:

Post a Comment