Artikel

Tuesday, November 3, 2009
Talking Demokrat: Andi Mallarangeng Cocok Jadi Menpora Karena Jago Bermain Tenis

JAKARTA, kompas..com — Kritik tajam dilayangkan atas penempatan menteri yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada kabinet barunya. Di sejumlah pos kementerian, Presiden dinilai menempatkan orang-orang yang tidak ahli di bidangnya.

Partai pengusung SBY, Demokrat, membalas kritik tajam tersebut. Ketua DPP Partai Demokrat Djafar Hafsyah mengatakan, penempatan para menteri dinilai sudah tepat. Ia mencontohkan kader Demokrat, Andi Mallarangeng, yang ditunjuk sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga merupakan salah satu indikator ketepatan SBY menempatkan orang. Apa indikator ketepatannya?

"Andi itu seorang profesional dan dia pemain tenis yang baik," kata Djafar ketika berbicara pada diskusi "Menagih Janji SBY-Boediono" di Gedung DPD, Jakarta, Jumat (23/10).

"Andi bermain tenis cukup bagus. Masak menteri olahraga tidak bisa main olahraga. Kalau cuma bisa lari pagi kan tidak pas,"
tutur Wakil Ketua Komisi IV DPR ini.

Di samping itu, menurut dia, usia Andi yang relatif cukup muda membuatnya pas menempati pos tersebut. "Andi masih muda, pekerja politik. Empat tahun jadi Juru Bicara Presiden tidak pernah salah. Saya pikir dia bisa jadi idola para pemuda dan mendorong kemajuan dunia olahraga," kata Djafar.

Tak hanya Andi, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring asal PKS juga dinilai tepat menduduki posnya. "Karena dia seorang insinyur," ujarnya.

Sementara itu, anggota DPD asal Sulawesi Barat, M Asri, mengatakan, SBY hanya memberikan ukuran kuantitatif untuk membagi porsi menteri bagi mitra koalisinya.

"Kalau dari parpol, ukurannya jelas, ada yang dapat 3,4,5 kursi. Adapun untuk kalangan profesional justru tidak jelas bagaimana indikatornya," kata Asri.

http://nasional.kompas..com/read/xml...k.Jadi.Menpora

0 komentar:

Post a Comment