Artikel

Tuesday, October 27, 2009
Strategi pembelajaran kooperatif

Guru seringkali menekankan pada peserta didik mengenai nilai-nilai kerjasama antar peserta didik yang satu dengan yang lainnya.
Pembalajaran  kooperatif telah digunakan sebagai strategi  belajar mengajar.
Menurut Jacobs dkk bahwa pembelajaran kooperatif memberi peluang kepada anak untuk berbicara , mengambil inisiatif, membuat berbagai macam pilihan, dan mengembangkan kebiasaan belajar.

Contoh penerapan strategi pembelajaran kooperatif pada peserta didik, seperti pada pengembangan psikomotor. Tujuan pembelajaran, peserta didik dapat memahami konsepkonsep gerak sederhana.. Tahapan pembelajarannya sebagai  berikut : peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok., masing masing kelompok melakukan kegiatan yang berbeda sehabis melakukan gerakan yang berbeda, sehabis melakukan gerakan masing-masing kelompok, anak bercampur dengan kelompok lain dan menceritakan apa yang sudah  dilakukan pada

Ciri-ciri organisasi
a.    Adanya tujuan yang jelas yang ingin dicapai
b.    Adanya kesatuan arah
c.    Adanya ketaatan perintah
d.    Adanya keseimbangan wewenang dan tanggung jawab
e.    Adanya pembagian tugas yang jelas
f.    Adanya struktur organisasi
g.    Adanya jaminan kerja yang mengatur hak dan wewenang seseorang
h.    Adanya kesesuaian imbalan atas pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang.


Bentuk-bentuk organisasi

a.    Organisasi lini
b.    Organisasi staf
c.    Organisasi fungsional
d.    Organisasi kepanitiaan


•    Permainan hadang
•    Bebentengan
•    Dagongan
•    Tarik tambung
•    Terompah panjang
•    Lari balok
•    Balap karung
•    Boy-boyan
•    Patok lele

1.    kalsium
2.    fosfor
3.    sulfur
4.    natrium
5.    besi
6.    yodium
7.    kalium
8.    tembaga
9.    flour
10.    chloor
11.    mineral-mineral Mo, Mg, Mn, dan Za

Jenis Pokok Bahasan MKU Penjas dan Olahraga
1.    Orientasi Perkuliahan
2.    Esensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan olahraga
3.    Organisasi dan Sistem Pertandingan
4.    Pembelajaran Senam
5.    Pembelajaran Renang
6.    Pembelajaran Atletik
7.    Pembelajaran Permainan
8.    Gizi Olahraga
9.    Pengukuran Kebugaran jasmani
10.    outdoor Education


1.    menyadari adanya masalah dengan mengidentifikasi
2.    mengumpulkan informasi
3.    meracang solusi
4.    menguji coba solusi
5.    mengambil kesimpulan
6.    menyampaikan hasil


a.    Perubahan sikap mental
b.    Perbaikan efisiensi social
c.    Perbaikan persepsi sensori dalam berangkai
d.    Pembinaan perasaan sejahtera dan sehat
e.    Peningkatan relaksasi yang lebih baik
f.    Keringanan dalam masalah psikosomatik
g.    Perolehan keterampilan yang memadai



1.    Pendidikan jasmani danolahraga di sekolah/perguruan tinggi
2.    konsep pengembangan PBM Pendidikan Jasmani dan Olahraga
3.    landasan pendidikan jasmani dan olahraga
4.    meningkatkan Sportivitas melalui pendidikan jasmani dan olahraga
5.    Pendidikan jasmani dan olahraga serta nilai moral

Strategi pembelajaran deduktif
1. tahap perencanaan
2. tahap pelaksanaan tahap evaluasi


a.    jumlah peserta tidak boleh terlalu banyak
b.    apabila kualitas peserta dianggap berimbang atau rata
c.    apabila juara yang diperebutkan bersifat daerah atau rata.
d.    Apabila ingin mengrtahui rengking secara keseluruhan
e.    Kondisi alam,biaya, lapangan, petugas pelaksana mencukupi.

0 komentar:

Post a Comment