Artikel

Saturday, March 28, 2009

Visi dan Misi/Slogan Caleg yang Berkaitan dengan Pancasila

Dari 54 caleg yang Saya catat, sebagian besar caleg partai memiliki visi dan misi/slogan yang maknanya berkaitan dengan ideologi Pancasila, yang intinya yakni bersama-sama kita membangun bangsa, mewujudkan kemajuan negeri. Hal ini mengacu pada Pancasila ayat 3 “Persatuan Indonesia”.
Saya juga menemukan beberapa caleg partai yang  visi dan misi/slogannya mengacu pada Pancasila ayat 1 “Ketuhanan Yang Maha Esa”, yakni Cerdas, Amanah & Istiqomah (Partai Bulan Bintang) dan Nasionalis & Religius (Partai Demokrat).
Namun ada juga caleg yang bervisi dan misi/slogan yang tidak relevan dengan falsafah Pancasila. Ada caleg yang memanfaatkan gambar animasi yang sedang trend untuk mencuri perhatian masyarakat, ada juga yang bervisi dan misi/slogan dengan bahasa gaul ataupun mengutip kalimat jargon dari iklan ternama dan adapula caleg yang menggunakan akronim partainya sebagai visi dan misi/slogan.
Menurut Saya, sebagian dari mereka bervisi dan misi/slogan yang tidak berkaitan dengan Pancasila. Beliau-beliau itu hanya menjadikan visi dan misi/slogan mereka sebagai indikator promosi saja, sehingga maknanya tidak berarti apa-apa, bahkan terkesan seperti janji-janji palsu.



0 komentar:

Post a Comment