Artikel

Friday, March 27, 2009
Kecenderungan Tema Visi dan Misi/Slogan yang Diusung Caleg

Dari seluruh caleg yang telah Saya catat nama, partai serta visi dan misi/slogannya, Saya menyimpulkan bahwa sebagian besar caleg memiliki visi dan misi/slogan yang betema serupa dan kata-kata yang tak jauh beda. Tema yang diusung selalu mengenai usaha mewujudkan kemajuan bangsa, janji-janji perbaikan ekonomi, slogan-slogan perjuangan, dan lain-lain. Visi dan misi/slogan tersebut tidak ada yang memiliki isi materi yang berbeda.  Sekitar 37 caleg dari 54 caleg yang Saya catat, memiliki kesamaan makna visi dan misi/slogan, yakni tentang usaha mewujudkan kemajuan bangsa dan janji-janji perbaikan ekonomi
Sebagai contoh Saya ambil tema lingkungan.Saya belum melihat dan mendengar adanya caleg yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan apalagi memiliki visi dan misi tentang pengelolaan sumber daya alam yang ramah lingkungan. Para caleg yang nantinya akan menjalankan amanah rakyat, membuat peraturan-peraturan di DPR justru tidak ada yang berbicara mengenai lingkungan, semua janji yang diucapkan melalui papan reklame ataupun iklan kampanye di media tidak menyentuh langsung persoalan lingkungan.


0 komentar:

Post a Comment